Friday, 8 January 2016

Tips Lolos Tes Wawancara Masuk STAN


   Sesudah lolos dalam tes tulis, pastinya kita akan menghadapi tes wawancara. Mendengar namanya saja sudah ngeri, karena kita berhadapan langsung dengan pewawancara yang kebanyakan dari psikiater. Bagi anda yang akan melakukan tes wawancara untuk masuk STAN, ini tips persiapan agar tes wawancara lancar.
1. Bangun pagi
Memang tidak ada hubungannya dengan tes wawancara. Namun secara tidak langsung, bangun pagi akan membantu anda bisa lebih mempersiapkan diri dan memiliki waktu untuk menata diri berpenampilan rapi, sopan. Bayangkan saja jika anda terlambat bangun, dan tes wawancara sudah menunggu. Anda akan terburu-buru.

2. Jangan lupa sarapan
Memang terlihat sepele. Namun sarapan pagi akan membantu fikiran anda lebih tenang. Supaya tidak gugup nantinya. Lagipula tidak lucu jika anda pingsan saat tes wawancara karena belum sarapan.

3. Datang Lebih Awal
Datanglah 15 menit sebelum tes wawancara. lebih baik datang 3 jam lebih awal daripada 1 menit terlambat. Jika anda terlambat, dipastikan gugur karena tidak menghargai waktu.

Pada saat tes wawancara berlangsung , berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dengan baik-baik.

1.    Ketuklah pintu , jangan asal masuk tidak sopan.

2.    Usahakan tidak duduk sebelum di persilahkan. Ini sangat berpengaruh terhadap kelolosan anda.

3.    Duduk yang tegak, kaki rapat dan tangan diatas paha
.
4.    Jangan letakkan tangan diatas meja apalagi menggerak-gerakkan tangan.

5.    Tatap mata pewawancara, jangan mengalihkan pandangan.

6.    Usahakan selalu tersenyum.

7.    Jika diharuskan mengangguk, anggukkanlah kepala anda kurang lebih dua kali. Jika hanya satu    kali, anda terlihat seperti orang sok tahu.

8.    Berbicara dengan jujur jangan pernah berbohong. Sekali anda ketahuan , anda akan ditanya terus menerus sehingga kebohongan itu semakin terlihat.

9.    Jangan arahkan mata ke kiri, itu berarti anda berbohong.

10.  Hati-hati dengan pertanyaan mengecoh.

    Misalnya, pewawancara bertanya : “jika kamu melihat ibu-ibu akan di copet apakah kamu akan menolongnya?”. Jangan menjawab akan menolongnya, lihatlah ibu-ibu itu baru akan dicopet belum dicopet. Jadi, jawablah “saya belum mengambil tindakan, karena ibu-ibu tersebut baru akan dicopet, belum dicopet. Jika saya membantunya, saya akan terlihat gegabah jika ternyata orang itu bukan pencopet. Seandainya benar-benar dicopet,baru saya membantunya.”
     Berikut tips agar wawancara masuk STAN anda lancar. Selebihnya berdoalah meminta agar diberi kelancaran. Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat dan dapat membantu anda semua. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment